1. Financial Protection
Merupakan suatu kondisi keuangan di mana seseorang hanya memiliki cukup uang untuk menutup pengeluaran bulanan minimum untuk 2 - 24 bulan. Istilah yang sering anda dengar tentang kondisi seperti ini adalah: Hidup Pas-pasan

2. Financial Security
Suatu kondisi keuangan di mana seseornag mencapai investasi yang cukup banyak yang diinvestasikan ke investasi-investasi yang aman, di mana hasilnya cukup untuk mencukupi kebutuhan-kebutuhan di bawah ini tanpa harus bekerja lagi:
- angsuran rumah
- biaya makan
- listrik, gas, telepon dan air
- transportasi
- asuransi
- pajak

3. Financial Vitality
Suatu kondisi keuangan di mana seseorang mencapai investasi yang cukup banyak yang diinvestasikan ke investasi-investasi yang aman, di mana hasilnya cukup untuk memenuhi kebutuhan yang tercantum di Financial Security dan ditambah kebutuhan-kebutuhan di bawah ini, tanpa harus bekerja lagi:
- pendidikan anak
- entertainment
- membeli 1-2 barang mewah yang masuk akal

4. Financial Independence
Suatu kondisi keuangan di mana seseorang mencapai investasi yang cukup banyak yang diinvestasikan ke investasi-investasi yang aman, di mana hasilnya mencukupi kebutuhannya untuk hidup dengan gaya hidupnya sekarang tanpa harus bekerja lagi seumur hidupnya. Dengan kata lain: Orang ini bebas untuk tidak bekerja

5. Financial Freedom
Suatu kondisi keuangan di mana seseorang mencapai investasi yang cukup banyak yang diinvestasikan ke investasi-investasi yang aman di mana hasilnya mencukupi kebutuhannya untuk hidup dengan gaya hidup yang dia inginkan tanpa harus bekerja lagi seumur hidupnya

6 Absolute Financial Freedom
Suatu kondisi keuangan di mana seseorang mencapai investasi yang cukup banyak yang diinvestasikan ke investasi-investasi yang aman di mana hasilnya diyakini bisa membuat orang ini melakukan apapun yang dia inginkan, kapanpun dia mau, ke manapun dia mau, dengan siapapun yang dia inginkan.

Anda berada di posisi mana? Saya percaya bahwa semua orang ingin mencapai posisi Absolute Financial Freedom dengan secepat mungkin. Namun apakah gaya hidup anda mendukung keinginan anda untuk cepat mencapai Absolute Financial Freedom? Jika tidak, berubahlah sekarang.

Secara sederhana, anda berada pada posisi financial independence ketika passive income anda melebihi pengeluaran anda. Contoh: pengeluaran per bulan anda Rp 5.000.000,- namun anda berinvestasi di bank, reksadana, atau apapun yang menghasilkan passive income sebesar Rp 7.000.000,- Maka anda sebetulnya bisa hidup tanpa bekerja lagi seumur hidup anda (dengan catatan, pengeluaran anda tetap segitu saja).

Di manakah anda berada saat ini?

1 comments

  1. infogue // October 31, 2008 at 1:19 AM  

    Artikel anda:

    http://gaya-hidup.infogue.com/
    http://gaya-hidup.infogue.com/6_tingkat_kondisi_keuangan_seseorang_anthony_robbins_

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!