Apa sih yang dimaksud dengan berpikir besar dan berpikir kecil? Saya akan coba menjelaskan tentang hal ini secara mendalam agar anda lebih mengerti.

Rata-rata, orang pada umumnya hanya menjalani kehidupannya dengan biasa-biasa saja, penghasilan seadanya, rumah seadanya, tabungan seadanya, dll. Mereka selalu menginginkan kekayaan lebih, namun keinginan itu tinggallah sebuah keinginan. Mereka selalu berkata, "enak ya bisa punya mobil mewah, enak ya bisa jalan-jalan ke luar negeri, enak ya punya uang banyak, enak ya tidak usah pergi ke kantor tapi penghasilannya besar." Bahkan ada pula orang-orang yang saking siriknya terhadap orang kaya, sampai membenci orang-orang kaya dengan alasan yang dibuat-buat sendiri seperti, "orang kaya biasanya sombong, orang kaya biasanya pelit, orang kaya biasanya licik."

Mengapa orang seperti ini hidup dengan keadaan seadanya dan berpikiran seperti itu? Karena orang-orang seperti ini tidak mau berpikir besar tentang dirinya, sehingga mereka selalu melihat bahwa orang lain lebih hebat dan lebih beruntung dibanding mereka. Apa sih untungnya berpikir besar?

Perlu anda ketahui, bahwa hampir semua benda-benda yang anda lihat, tidak akan ada di hadapan anda jika pada jaman dahulu tidak ada orang yang berpikir besar. Misalnya, komputer yang anda pakai sekarang. Tahukah anda bahwa komputer yang anda pakai adalah hasil pemikiran brilian orang-orang yang berpikir bahwa komputer bisa sekecil sekarang, bahkan laptop sekarang ini bisa dibawa ke mana-mana, padahal dulunya komputer beukuran sangat besar dan kinerjanya jauh lebih lambat daripada komputer sekarang ini?

Pernah mendengar bahwa Thomas Alfa Edison melakukan percobaan sampai ribuan kali sampai ia menemukan bola lampu pijar? Padahal orang-orang di sekitarnya menganggapnya tidak mungkin. Namun Thomas Alfa Edison berpikir besar, bukan hanya ingin sekedar terkenal dengan menemukan bola lampu pijar, melainkan "ingin membuat dunia menjadi terlihat terang di malam hari."

"Segala sesuatu yang kita nikmati sekarang ini, dahulu kala dianggap tidak mungkin oleh kebanyakan orang. Namun sekelompok kecil orang yang berpikir besar membuatnya mungkin dan kitalah yang sekarang ini merasakan manfaatnya."

Pernahkah anda berpikir besar tentang diri anda?

Ada beberapa perbedaan mendasar yang terdapat pada orang yang berpikir besar dan orang yang berpikir kecil:

Orang yang berpikir kecil berkata: mana mungkin sih? lihat kenyataan dong...
Orang yang berpikir besar berkata: saya akan berusaha terus mencari tahu caranya sampai saya bisa.

Orang yang berpikir kecil berkata: bisa sih, tapi susah...
Orang yang berpikir besar berkata: memang sulit, tapi pasti bisa!!

Anda lihat perbedaannya? Orang yang berpikir kecil tidak percaya pada dirinya bahwa mereka bisa melakukan sesuatu yang lebih besar dibandingkan yang dilakukannya sekarang. Namun orang yang berpikir besar selalu berpikiran untuk maju dan mencari solusi atas segala kesulitan yang dihadapi. Problemnya yang dihadapi boleh jadi sama, namun cara berpikirnyalah yang menentukan hasil yang dicapai.

Perlu diketahui, bahwa setiap orang bisa sukses dan menjadi orang yang luar biasa, tapi kebanyakan orang menganggap dirinya biasa saja, makanya hasilnya juga biasa saja!! Jika orang yang berpikir kecil tidak puas dengan pekerjaannya, maka reaksi yang paling umum terlihat adalah: mengeluh, marah-marah, meyalahkan orang lain dll. Namun orang yang berpikir besar yang tidak puas dengan pekerjaannya akan berpikir: apa yang bisa dilakukan supaya saya bisa puas dengan pekerjaan saya atau mencari pekerjaan yang lebih sesuai. Orang yang berpikir besar selalu mencari solusi, bukan alasan.

Berpikir adalah hal yang bisa dilakukan dengan gratis oleh setiap orang. Kalau berpikir itu gratis, kenapa kebanyakan orang mau berpikir kecil? Rugi kan?! Karena berpikir itu gratis, maka sebaiknya berpikirlah besar untuk kemajuan kehidupan anda.

Anda ingin berpikir besar atau ingin berpikir kecil?

Semoga bermanfaat!!

3 comments

  1. Unknown // October 16, 2008 at 9:09 AM  

    Orang yang berpikir kecil melihat sukses hanya dari wealthiness seseorang, tapi Orang yang berpikiran besar melihat sukses dari healthiness seseorang... setuju?

  2. haryantoblog // October 16, 2008 at 1:46 PM  

    Untuk bisa sampai kepada berpikir besar, yang kita lalui ya berpikir kecil dulu.

  3. Admin // October 16, 2008 at 5:16 PM  

    @pkristandi: Benar Pak Kristandi, terkadang orang yang berpikir kecil hanya melihat wealthiness orang lain. Terkadang memang aspek-aspek lain tentang kesehatan, kebahagiaan dan agama memang terlupakan oleh orang yang berpikiran kecil

    @haryantoblog: Kalau saya sih lebih pilih langsung berpikir besar ya ^^ kan ingin sukses seperti orang-orang besar: Thomas Alfa Edison, Wright Bersaudara, Albert Einstein dll. Memang dulunya saya memang berpikir kecil. Tapi setelah saya sadari bahwa lebih baik berpikir besar, saya harus berubah ke arah yang positif.