MLM, baik atau buruk?

Posted by Admin | 6:43 PM | | 0 comments »

Anda pastinya tahu tentang MLM - Multi Level Marketing atau yang juga disebut Network Marketing. Anda pastinya minimal pernah ditawarkan untuk bergabung dengan MLM walaupun hanya satu kali. Apa pandangan anda mengenai MLM? baik atau buruk?

Sebagian besar orang menganggap bahwa MLM itu buruk. Bahkan ada beberapa teman saya yang sangat anti dan alergi terhadap MLM. Setiap kali ada orang yang menawarkan sesuatu, langsung saja dia menanyakan, "bukan MLM kan?" Saya pun dulu agak alergi terhadap MLM karena saya pernah beberapa bulan menekuni bisnis MLM, walau akhirnya merasa tidak cocok dan memutuskan keluar dari bisnis MLM. Mengapa ada sebagian (besar) orang yang beranggapan bahwa MLM itu buruk?

Ada beberapa pandangan orang pada umumnya tentang MLM (dan memang sering terjadi pada kenyataannya!):

  1. Distributor MLM suka bikin janji-janji palsu. Misalnya: suka mengajak ketemu teman lama dengan alasan ingin berjumpa, padahal sebenarnya mau menawarkan bisnis MLM
  2. Begitu kenal, langsung tawarkan bisnis. Hal ini umumnya membuat orang tidak merasa nyaman dengan distributor MLM. Baru kenalan koq sudah ditawarin bisnis?
  3. Distributor MLM menjanjikan akan membantu downline sampai sukses. Tapi dalam beberapa kasus malah tidak dipedulikan lagi setelah bergabung, alias ditinggal sendirian.
Mungkin masih ada beberapa pandangan buruk tentang MLM yang ada di dalam pikiran anda. Saya pun masih berpikiran seperti itu.

Walaupun pada kenyataannya distributor MLM sering sekali melakukan hal-hal yang tidak berkenan, saya sendiri menganggap sistem marketing MLM adalah salah satu yang terbaik yang pernah ditemukan di dunia ini. Mengapa? Ada beberapa faktor yang membuat saya berpikir demikian:
  1. MLM merupakan bisnis jaringan, yang jika dikembangkan dengan tekun, akan menjadi pasive income untuk pelakunya.
  2. MLM tidak membutuhkan modal yang sangat besar seperti bisnis pada umumnya. (tapi kebanyakan orang lebih memilih berbisnis secara konvensional)
  3. Pendapatan dari MLM ditentukan oleh pelakunya sendiri. Makin giat bekerja, makin besar pendapatannya.
Masih banyak kelebihan yang dimiliki oleh sistem MLM. Saya menulis artikel ini bukan untuk supaya pembaca tertarik pada MLM (karena saya pun masih punya sedikit pandangan negatif terhadap para pelaku MLM), namun saya ingin menekankan bahwa sistem MLM sangatlah cocok untuk setiap orang yang ingin memulai bisnis, tetapi tidak tahu caranya dan tidak punya modal besar. Karena setiap MLM punya cara tersendiri untuk mengajarkan para distributornya.

Saya akan mencoba membahas lebih jauh tentang MLM, supaya para pembaca memperoleh pengetahuan lebih dalam tentang MLM

0 comments